News Ticker

Manajemen sistem dan Jabatan di Perusahaan Produksi Perakitan Elektronik

Secara garis besar Manajemen di Perusahaan Perakitan Elektronik mengikuti Piramid Manajemen seperti gambar di bawah ini : Struktur organisasi bentuk piramid Top Management atau Manajemen Puncak membuat Keputusan Strategis (Strategic) yang dapat menghasilkan Kebijaksanaan Perusahaan (Company Policy) Middle Management atau Manajemen Menengah membuat Keputusan yang bersifat taktis (Tactical) yang kemudian menghasilkan Prosedur-prosedur kerja (Procedural) Line Management atau Manajemen tingkat bawah membuat keputusan Operasional  (Operational) dan menjalankan (Execution) terhadap Prosedur-prosedur yang telah dibuat oleh Middle Management Dari Ketiga level manajemen, kemudian setiap level dibagi lagi menjadi jabatan-jabatan kerja. Jabatan-jabatan kerja yang sering ditemukan di perusahaan produksi perakitan Elektronik (di bawah Direktur) : Bagian Produksi, Quality Control, Store : Top Management (Direktur --> General Manager) Middle Management (Division Manager --> Departement Manager --> Superintendent/Executive) Line Management (Supervisor --> Line Leader --> Supporter** --> Operator) **Untuk QC memakai nama Jabatan Inspector, Untuk Store memakai nama jabatan Storekeeper

Bagian Engineering :

Top Management (Direktur –> General Manager)

Middle Management (Division Manager –> Departement Manager –> Engineer)

Line Management (Engineering Assistant –> Teknisi)

 

Bagian Planning and Administrasi :

Top Management (Direktur –> General Manager)

Middle Management (Division Manager –> Departement Manager –> Executive)

Line Management (Officer)

 

Biasanya untuk membuat level jabatan lebih banyak, terutama dalam menentukan golongan standar gaji, maka diberikanlah kata “Assistant” atau “wakil” disamping Jabatannya. Contohnya : Asst. Leader, Asst. Supervisor, Asst. Manager, Asst. Division Manager, Asst. General Manager. Ada juga yang memakai Deputy untuk Jabatan Manager seperti “Deputy Departement Manager” atau “Deputy Division Manager”.

Tetapi untuk level operasional yang langsung mengerjakan tugasnya seperti Teknisi (Technician), Operator, Supporter tidak ada kata “wakil” atau “Assistant”. Paling tidak belum pernah saya temui sampai saat ini.

Setiap perusahaan juga memiliki panggilan atau sebutan Jabatan yang berbeda, ada yang menyebut “Executive” sebagai “Superintendent”, “Supporter” dengan “Senior Operator”. Tetapi secara garis besar adalah sama atau tidak jauh berbeda.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



7 + = 14