QC 7 Tools (7 alat Pengendalian Kualitas)

7 alat pengendalian kualitas

QC 7 tools

QC 7 tools (QC Seven Tools) atau 7 alat pengendalian kualitas adalah 7 (tujuh) macam alat dan Teknik yang berbentuk Grafik untuk meng-identifikasi dan  menganalisa persoalan / permasalahan yang berkaitan dengan Kualitas dalam produksi. QC 7 tools pertama kali ditegaskan oleh Kaoru Ishikawa, seorang profersor Engineering di Universitas Tokyo pada tahun 1968 yang juga merupakan Bapak “Quality Circles” (Lingkaran Kualitas).

Ketujuh alat Pengendalian Kualitas (QC 7 Tools) ini antara lain :

 

  1. Cause and Effect Diagram (juga disebut Ishikawa chart atau Fishbone chart)

    Dipergunakan untuk meng-identifikasi kemungkinan-kemungkinan penyebab dari suatu permasalahan. Disebut juga Fishbone Chart karena bentuknya seperti “Tulang Ikan”.

  2. Check Sheet

    Suatu struktur format (berbentuk document) yang disediakan untuk mengumpulkan data (collection data) secara real time pada lokasi dimana data tersebut dihasilkan. Data tersebut dapat berupa Kuantitatif atau Kualitatif. Check Sheet merupakan alat umum yang sering  dipergunakan untuk berbagai keperluan.

  3. Control Chart

    Adalah Grafik yang digunakan untuk mempelajari perubahan proses dari waktu ke waktu. Biasanya dalam Control Chart terdapat batas tertinggi (upper limit) dan terendah (lower limit).

  4. Histogram

    Merupakan Grafik yang menunjukkan distribusi frequency atau seberapa sering suatu nilai itu terjadi dalam kegiatan pengambilan data

  5. Scatter Diagram

    Atau juga disebut Grafik X-Y (X-Y Graph), merupakan sepasang data numberic  (X dan Y) dengan 1 variabel di masing-masing axis untuk mengetahui hubungan-hubungan antara mereka.

  6. Pareto Chart

    Grafik yang berbentuk batang untuk menunjukkan faktor mana yang lebih signifikan. Pareto Chart merupakan salah satu alat dari QC 7 tools yang paling sering digunakan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi dari urutan paling banyak (paling sering terjadi) sampai ke urutan paling sedikit (paling jarang terjadi)

  7. Flow Chart

    Flow Chart adalah suatu jenis diagram untuk mewakili sebuah Algoritma atau Proses, langkah-langkah proses tersebut ditunjukkan dalam berbagai  bentuk kotak dengan tanda panah untuk menunjukkan arah langkah tersebut.


Related Posts

Leave a Reply


− 5 = 3