Cara Merawat Mata Solder (Soldering Tip) agar lebih awet

perawatan mata solderProses Menyolder merupakan proses yang sangat penting dan paling sering dijumpai dalam produksi peralatan Elektronik. Kualitas penyolderan sangat mempengaruhi kualitas akhir dari sebuah produk elektronik. Selain kita harus mengetahui cara menyolder dengan baik dan benar, kita juga harus mengetahui cara untuk memelihara atau merawat peralatan dan perlengkapan yang dipergunakan untuk menyolder, diantaranya adalah kondisi kebersihan dan kelayakan penggunaan Mata Solder atau disebut juga dengan Soldering Tip.

Mata Solder (Soldering Tip) merupakan salah satu bagian yang memegang peranan penting dari unit Soldering Iron untuk dapat menghasilkan kualitas penyolderan yang baik.  Oleh karena itu, perawatan dan pemeriksaan berkala terhadap Mata Solder (Soldering Tip) merupakan pekerjaan yang penting dalam proses produksi perakitan elektronik. Selain meningkatkan kualitas solder, perawatan yang baik terhadap Mata Solder (Soldering Tip) juga dapat menekan biaya operasional produksi akibat dari terlalu seringnya kerusakan pada Mata Solder.

Sedikit pengetahuan mengenai Mata Solder atau Soldering Tip :

Mata Solder terbuat dari Tembaga yang dapat mengantarkan panas dengan baik dan dilapisi oleh lapisan tipis besi untuk mencegah terjadinya erosi Tembaga. Mata Solder yang teroksidasi tidak dapat menghantarkan panas dengan baik dan juga tidak dapat mencairkan Timah solder. Mata Solder dapat mengalami Oksidasi pada suhu yang tinggi saat kita melakukan proses menyolder. Mata Solder perlu dilindungi dari korosi dengan memberikan sedikit lapisan solder yang berisi Timah.soldering tips structure Berikut ini beberapa Tips ataupun cara untuk merawat Mata Solder (Soldering Tip) agar lebih awet dan bertahan lebih lama :

  1. Memberikan Lapisan Timah di Mata solder untuk menghindari korosi sebelum meletakannya ke Holder Soldering Iron terutama saat kita akan beristirahat (tidak memakainya selama beberapa menit kemudian).
  2. Rendahkan suhu atau OFF-kan Soldering Iron jika kita tidak memakainya lagi dalam beberapa menit kemudian.
  3. Usahakan untuk menggunakan Suhu yang terendah dalam menyolder (tetapi masih dalam spesifikasi penyolderan).
  4. Gunakanlah “Copper Curl” atau “Cleaning Wire” untuk membersihkan Mata Solder daripada menggunakan “Busa Basah (wet sponge)”
  5. Jika memakai “Busa Basah (wet sponge)”, gunakanlah “Busa Basah” khusus untuk membersihkan Mata Solder.
    soldering sponge dan cleaning wire
  6. Jangan menggunakan ampelas (sandpaper), kikir, pisau, scotch-brite atau busa kering (dry sponge) untuk membersihkan Mata solder karena dapat menghilangkan lapisan besi pada Mata Solder yang juga akan memperpendek umur Mata Solder tersebut.
  7. Hindari menggunakan Teknik menarik dalam melakukan penyolderan. Teknik ini sama dengan menggosok Mata Solder diatas Kikir.
  8. Jangan pergunakan Mata Solder untuk mendorong kaki komponen saat melakukan Desoldering (mencabut komponen dari PCB). Pergunakanlah Alat Desoldering Khusus untuk membuang solder dari PCB.
  9. Jangan mengetuk Mata Solder dengan maksud untuk membuang solder yang berlebihan. Hal ini akan merusak lapisan besinya dan juga akan merusak Heater Soldering Iron.
  10. Hati-hati dalam meletakkan Soldering Iron ke dalam Holder, usahakan Mata Solder tidak menyentuh bagian-bagian Holder.

soldering tip condition

Related Posts

Leave a Reply


7 − 6 =